<b>Meningkatkan Konsentrasi</b> - Outbound Super

Breaking

Sunday, July 14, 2019

Meningkatkan Konsentrasi


Meningkatkan Konsentrasi

Saat Belajar atau mengerjakan tugas, kita tentu harus berkonsentrasi. Namun, yang terjadi kadang kita justru sulit berkonsentrasi. Entah kenapa, ada saja pikiran yang mengganggu. Lalu, bagaimana cara meningkatkan konsentrasi ?

Istirahat Yang Cukup

Kurang istirahat akan mempengaruhi daya konsentrasi kita. Coba saja, ketika kita kurang tidur lalu harus mengerjakan tugas, pasti pikiran kita sulit untuk fokus. Oleh karena itu, usahakan kita selalu cukup untuk istirahat. Kurangi begadang dan nonton televisi hingga larut malam agar paginya badan jadi segar dan konsentrasi tetap terjaga.

Makanlah Makanan Yang Bergizi

Asupan gizi juga dapat membantu meningkatkan konsentrasi. Ada beberapa makanan yang memang dikenal bisa meningkatkan konsentrasi. Misalnya saja IKAN. Sumber protein ini bermanfaat meningkatkan kinerja otak karena mengandung ZAT OMEGA 3. Selain itu, adapula buah ALPUKAT. Buah ini merupakan sumber lemak yang baik bagi kesehatan, termasuk untuk mendorong sirkulasi darah agar lebih lancar. Karena sirkulasi darah tersebut penting untuk menunjangotak agar dapat bekerja maksimal. Dengan demikian, kita bisa berkonsentrasi dan berfikir dengan lancar serta fokus.


Jangan Lupa Makan Pagi

Makan pagi atau biasa kita sebut SARAPAN adalah merupakan bahan bakar otak. Beberapa penelitian, mengatakan bahwa makan pagi dapat meningkatkan daya ingat dan konsentrasi untuk jangka pendek. Oleh karena itu, makan pagilah dengan makanan yang mengandung serat tinggi, biji - bijian, susu, dan buah - buahan. Makanan tersebut sangat bermanfaat bagi otak. Namun demikian, sebaiknya hindari sarapan dengan makanan yang berkalori tinggi secara berlebihan. Karena, hal tersebut akan menghambat daya konsentrasi kita.

Buatlah Rencana

Apa hubungan rencana dengan konsentrasi ?
Saat kita memiliki rencana dan tujuan yang jelas, kita akan lebih mudah berkonsentrasi dibandingkan saat kita tidak mempunya rencana. Rencana juga akan menghindarkan kita dari pikiran dan tindakan yang kacau balau, yang hasilnya sia - sia dan hanya menguras tenaga dan pikiran.

Maka, tulislah rencana dan hal - hal yang harus kita lakukan. Dan, kerjakan hal tersebut satu demi satu ( One Step at a Time ).

Hindari Benda Yang Mengganggu
Tidak jarang, kehadiran android atau handphone dan Televisi mengurangi daya konsentrasi kita. Saat kita belajar, misalnya tiba - tiba ada dering handphone nada panggilan atau sejenisnya. Maka kita akan tergoda untuk melirik atau bahkan mengangkat handphone atau membalas pesan tersebut. Demikian juga saat kita sedang mengerjakan tugas, lalu mendengar suara penyanyi atau film idola kita di Televisi, maka pandangan mata kita akan beralih ke layar Televisi.

Untuk itu, supaya kita bisa konsentrasi penuh saat belajar atau kerjakan tugas, matikanlah televisi dan handphone. Dengan demikian, tidak ada benda yang akan mengganggu konsentrasi kita.

"Semoga bermanfaat"

Redaksi :
Katun Outbound
Agung : 081336730271


No comments:

Post a Comment